teori relativitas

Tujuh Teori Relativitas Dalam Kehidupan Sehari-hari

April 4, 2017|Posted in: Pendidikan

Sejak di teliti oleh Albert Einstein pada tahun 1905, mengenai teori relativitas yang dianggap sebagai salah satu teori fisika paling termuka di sepanjang abad ke 20. Yang umumnya, teori ini menyatakan tiga hukum fisika dasar.

Hal yang pertama, tidak ada yang mutlak yang bisa dijadikan sebuah refrensi atau sebuah acuan untuk menentukan sesuatu. Termasuk ketika mengukur kecepatan, momentum, serta perjalana waktu yang dialami dari benda.

Hal itu, dapat terjadi karena suatu hal yang mempengaruhi kondisi-kondisi tersebut. Yang kedua kecepatan cahaya itu sama, tapi tergantung siapa atau seberapa cepat orang itu mampu mengukurnya.

Ketiga, tidak ada yang bisa melebihi kecepatan cahaya. Dengan itu, hukum-hukum fisika yang terdapat dalam kehidupan sehari-hari merupakan teori relativitas yang tanpa disadari oleh kita.

Teori relativitas ini dianggap memiliki impilkasi lebih dalam di kehidupan sehari-hari. Inilah beberapa penerapan mengenai teori relativitas dalam kehidupan sehari-hari.

teori relativitas

teori relativitas

Elektromagnetik

Jika anda mempraktekan looping dari sebuah kawat dan memindahkannya ke sebuah medan magnet, dengan itu anda akan mengetahui hasil arus listrik. Dimana, di dalam partikel-partikel yang memiliki muatan listrik itu dipengaruhi medan magnet. Yang merubah sebuah partikel dan bergerak yang mampu menciptakan sebuah arus listrik.

Tetapi, ketika kawat tersebut di dapat bergerak, partikel yang terdapat di kawat (elektron dan proton) tidak lagi bergerak. Dan medan magnet pun tidak dapat pengaruhi partikel tersebut.

Global Positioning System (GPS)

Pada dasarnya prinsip kerja di GPS yang memakai satelit dan stasiun bumi juga pun dianggap sebagai efek Teori Relativitas. Yang bertujuan, mengetahui akurasi lokasi melalui GPS keapda pengguna. Dimana satelit akan memberikan data ke stasiun bumi yang diteruskan ke alat GPS.

Tingkat akurasi lokasi yang diterima ini dikarenakan adanya efek relativitas. Dimana satelit yang berada di luar angkasa yang memiliki jarak sekitar 20.300 km dari bumi. Dan memiliki gerak dengan kecepatan 10 ribu km/jam. Karena itu menyebabkan perbedaan waktu antara bumi dengan satelit yang bisa dicapai 4 microsecond.

Dan harus ditambah dengan efek gravitasi, yang membuatnya menjadi 7 microsecond. Jika tidak memiliki perbedaan tersebut, maka GPS akan memberikan durasi jarak ke stasiun pengisian bahan bakat yang terdekat, berjarak 0,8 km.

Emas Berwarna Kuning

Suatu logan yang terlihat mengkilau, karena adanya elektron yang terdapat di atom logam tersebut berada di luar orbit. Ini menyebabkan, elektron yang memiliki level enegri yang berbeda. Sedangkan emas sendiri memiliki masa atom yang berat. Maka dari itu elektron yang terdapat didalamnya bergerak begitu cepat dan cukup memberikan realitivitas massa dan panjang secara signfikan.

praktek fisika

didalam lab tempat kursus

Kursus Fisika Mengenai Relativitas di BSD

Jika kalian ingin mengetahui, hal-hal apa saja yang terdapat di dalam kehidupan sehari-hari untuk, mempelajari tentang teori relativitas. Terdapat tempat kursus fisika yang terbaik untuk belajar fisika dengan baik dan jelas. Yang pada umumnya, kebanyakan siswa tidak menyukai pelajaran ini.

Tempat kursus yang dinamakan Hit Kinz itu, berada di BSD yang tepatnya di kota Tangerang Selatan. Yang lebih banyak ke praktek dan teori inti saja yang dibahas. Dengan diberikan praktek, maka siswa tidak akan bosan utnuk mempelajari mata pelajaran fisika.

Karena memang sengaja, Hit Kinz memberikan banyak praktek, agar siswa dapat mengerti sambil menghafal rumus dari sebuah objek di dalam praktek nantinya. Dengan itu, tidak akan membuat siswa bosan ataupun jenuh untuk belajar fisika.