Hal-hal yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Rumah Untuk Pertama Kali

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Rumah Untuk Pertama Kali

March 19, 2015|Posted in: Panduan Jual Beli Rumah

Tidak diragukan lagi, membeli rumah untuk pertama kalinya bisa menjadi sesuatu yang menantang akan tetapi jika Anda memiliki uang tunai yang bisa dibilang cukup dan Anda paham tentang pasar serta prosedur yang harus dikalui, proses membeli rumah bisa menjadi lebih mudah. Dalam membeli rumah untuk pertama kali, ada berbagai hal yang wajib Anda perhatikan. Hal pertama yang harus Anda perhatikan yaitu kondisi keuangan Anda. Anda harus tahu biaya apa saja yang perlu Anda keluarkan menginat Anda akan membutuhkan uang untuk berbagai tujuan. Pertama-tama, Anda harus membayar uang tanda jadi karena pengembang biasanya menentukan besarnya jumlah uang tanda jadi. Bila Anda membeli bukan dari pengembang tetapi dari pasar sekunder, besarnya jumlah uang tanda jadi bisa ditentukan oleh penjual properti.

Uang Modal Utama dalam Membeli Rumah Baru

Selain uang tanda jadi uang muka juga termasuk dalam berbagai biaya yang perlu Anda keluarkan saat Anda ingin membeli rumah untuk pertama kalinya. Jika Anda ingin membeli properti dari pengembang, Anda harus memenuhi uang muka. Jika Anda ingin membeli properti dari pasar sekunder, Anda bisa sedikit tenang karena bank biasanya mementukan besarnya jumlah uang muka yang harus Anda bayarkan langsung kepada penjual. Dalam mengatur waktu pembayaran uang muka, Anda harus berhati-hati dan pastikan akad kredit disetujui oleh pihak bank dengan cara membuat SPJB atau Surar Perjanjian Jual Beli dengan penjual di hadapan seorang notaris yang menyebutkan bahwa Anda akan membayar uang muka sesudah akad kredit mendapat persetujuan dari pihak bank.

Memilih Angsuran Kredit dalam Membeli Rumah

Saat Anda membeli rumah untuk pertama kali, pastikan juga besarnya angsuran yang harus Anda bayarkan tidak lebih dari sepertiga dari penghasilan Anda. Anda juga harus mengetahui biaya notaris sehingga Anda bisa mengikat kredit secara hukum. Pastikan juga Anda mencari tahu harga pasar untuk rumah atau properti yang ingin Anda beli. Anda bisa mencoba mendapatkan penilaian indikatif dari pihak bank melalui apa yang disebut dengan penilaian aset properti dengan tujuan untuk mementukan legalitas serta harga jual properti yang ingin Anda beli. Legalitas dokumen yang bakal diperkukan meliputi Sertifikat Tanah, Sertifikat Izin Mendirikan Bangunan, Surat Warisan, Surat Kuasa Jual, dan lain sebagainya. Satu hal lain yang harus Anda perhatikan saat ingin membeli rumah untuk pertama kali yaitu analisa resiko kredit. Satu hal yang wajib Anda ketahui yaitu sebelum permohonan KPR Anda disetujui, biasanya pihak bank akan menganalisa kredit dengan tujuan untuk mengukur kemampuan cicilan atau angsuran Anda. Dalam waktu 14 sampai 60 hari kerja, bank biasanya akan memberikan suatu keputusan atas permohonan KPR yang telah Anda ajukan.

Akad Kredit

Satu hal lagi yang harus Anda perhatikan saat ingin membeli rumah untuk pertama kalinya yaitu akad kredit. Yang harus Anda ketahui yaitu akad kredit merupakan sesuatu yang dilakukan sesudah semua syarat tadi terpenuhi. Bila akad kredit sudah dilakukan, angsuran bisa mulai dibayarkan dan setelah semua angsuran atau cicilan dilunasi, Anda harus memastikan bahwa Anda mendapat Surat Pelunasan Utang dari pihak bank serta Sertifikat Asli Kepemilikan Unit Properti yang akan menjadi tanda bukti resmi bahwa Anda memiliki rumah yang baru saja Anda beli untuk pertama kalinya. Jika Anda ingin memiliki tempat tinggal sendiri dan Anda ingin membeli rumah untuk pertama kali, Anda harus memperhatikan berbagai hal yang telah disebutkan tadi biar bagaimanapun juga.

Leave a Reply


You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*