harga propert dijual

Cara Mendapatkan Untung dari Properti

May 10, 2015|Posted in: Panduan Jual Beli Rumah

Makin banyak pihak yang berbondong-bondong tertarik pada bisnis properti. Jumlahnya pun bisa dikatakan lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya.

rumah dijual disewakan apartemen tanah

Bisnis Properti tidak sekedar membeli dan menjual properti

 

Banyak orang juga yang tentu saja kian tertarik pada fenomena tersebut. Namun bagaimana sih sebenarnya keuntungan dari bisnis properti? Apakah semata-mata dengan membeli atau menyewakan rumah atau apartemen, kemudian jumlah pemasukan akan bertambah setiap tahunnya?
Tidak ada yang sesederhana itu. Namun kalau sudah bicara soal investasi properti, jelas kalau keuntungannya akan semakin berlipat jika jeli membaca pasar dan selalu mampu mengembangkan modalnya demi perolehan target yang lebih baik. Setidaknya, kalau ingin membeli properti, Anda harus memahami beberapa faktor supaya ke depannya tidak terhambat oleh sejumlah kendala yang berpotensi merugikan modal.

Persyaratan Bisnis Properti Rumah, Apartemen, Tanah

Syarat utama dalam berbisnis di bidang properti adalah tujuan. Kalau tujuannya memang untuk ditinggali, Anda pasti akan memilihnya berdasarkan selera pribadi. Dan yang menjadi acuan utama ialah tingkat kenyamanan rumah di jual. Semewah apapun bangunan yang Anda beli, kalau tidak terasa nyaman selama ditinggali pun akan sangat percuma.

 

harga propert dijual

Namun alangkah baiknya kalau mempertimbangkan faktor serupa kalau ingin membeli properti sebagai wujud investasi. Selain kenyamanan, yang wajib dipertimbangkan adalah perkiraan harganya di masa depan, serta akumulasi biaya atau harga rumah/properti yang bisa menurunkan nilai jual dari properti tersebut.

Mudahnya; Anda beli rumah yang dianggap paling nyaman pun harus tetap mempertimbangkan apakah kelak bisa dijual dengan harga yang lumayan.

Carilah Informasi Valid dan Akurat

Informasi tentang properti dan berbagai model bangunan lain yang ditawarkan memang sangat beragam dan cenderung sulit dikontrol. Sebab penjelasan dan keterangannya selalu berubah dan berbeda-beda.

Sejak internet menjadi salah satu media utama dalam pencarian informasi, maka tingkat relevansinya juga wajib diperhitungkan. Kalau asal mencomot informasi dari sumber yang kurang jelas, risikonya semakin berat. Kerugian pun harus ditanggung oleh klien yang terlanjur memanfaatkan informasi tersebut.

Sebetulnya, kebutuhan informasi kini semakin terkelola dengan baik berkat berbagai bantuan dari para agen properti profesional yang bisa diakses di website masing-masing. Anda hanya perlu menyortir berdasarkan kategori yang sudah Anda tetapkan sendiri. Namun pastikan bahwa informasi tersebut akan mencakup:

  1. Harga properti, rumah, apartemen, tanah, ruko, dan lainnya, serta peluang naik dan turunnya di masa depan.
  2. Manfaat investasi properti terkait.
  3. Risiko.

Tiga poin di atas harus benar-benar digali informasinya demi menghindari kesalahan dalam membeli properti.

Faktor Lokasi

Segala hal berkaitan dengan properti memang sangat kompleks dan cenderung bermunculan di saat merasa semuanya sudah cocok. Supaya lebih mudah dan cepat dalam memperoleh untung, pertimbangkanlah faktor lokasi. Kebutuhan lokasi merupakan syarat mutlak bagi kenyamanan atau target dari calon penyewa. Misalnya adalah bangunan yang difungsikan untuk kebutuhan komersil. Lokasinya tentu harus berada di kawasan strategis sehingga mampu memenuhi kapasitasnya sebagai tempat yang mudah dijangkau oleh para konsumen. Berbeda lagi kalau bangunan tersebut difungsikan sebagai tempat tinggal/rumah bagi keluarga. Kenyamanan yang paling mendasar tergantung dari kebutuhan personal dari calon penghuni bangunan tersebut.

Prediksi Biaya Masa Depan

Yang dimaksud dengan prediksi di masa depan adalah persoalan tentang risiko kenaikan dan penurunan harga properti tersebut. Setiap tahun, ada banyak faktor yang mempengaruhi kelayakan sebuah bangunan sehingga bisa dinilai dengan harga yang sepadan. Anda akan butuh rangkaian analisis yang cermat dan cukup mendalam di pasar properti, serta memahami kebutuhan para konsumen yang sedang mencari properti.

Leave a Reply


You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*