Berbagai Tips Memilih Rumah Untuk Dihuni

Berbagai Tips Memilih Rumah Untuk Dihuni

March 10, 2015|Posted in: Panduan Jual Beli Rumah

Terdapat berbagai hal penting yang harus Anda pertimbangkan jika Anda ingin memilih lokasi rumah untuk Anda tinggali. Tentu ada berbagai syarat yang harus Anda perhatikan saat memilih lokasi tempat tinggal. Salah satu syarat utama yang wajib Anda perhatikan yaitu lokasi dalam rumah serta lingkungan sekitar harus aman dan nyaman. Saat Anda memilih lokasi rumah untuk Anda tinggali, sebisa mungkin pastikan juga bahwa jarak rumah yang Anda tinggali tidak jauh dengan lokasi tempat Anda bekerja. Ada berbagai tips yang bisa membantu Anda dalam membuat keputusan yang tepat saat Anda mencari lokasi rumah yang tepat dimana Anda bisa tinggal dengan aman serta nyaman.

Mengukur tingkat keramaian kondisi jalan

tingkat_keramaian

Tips yang pertama yaitu Anda harus memperhatikan kondisi jalan utama di lingkungan rumah Anda. jalan utama merupakan titik akses penting menuju ke rumah dimana Anda tinggal. Bila kondisi jalan utama di lingkungan dimana rumah Anda berada penuh lubang, atau jika jalan tersebut sulit dijangkau karena ukurannya terlalu sempit untuk kendaraan-kendaraan tertentu, maka ada baiknya jika Anda mempertimbangkan untuk memilih lokasi lain untuk Anda tinggali. Selain jalan utama, pelayanan air, telepon, dan listrik juga menjadi hal-hal yang harus Anda perhatikan. Layanan-layanan tersebut merupakan syarat kelengkapan rumah dan tingkat kepuasan seorang pelanggan terhadap layanan-layanan tersebut dapat menjadi faktor pertimbangan. Anda tentu tidak akan mau membeli sebuah rumah di suatu daerah yang rawan mati listrik.

Melihat kebersihan lingkungan sekitar

kebersihan lingkungan

Satu lagi hal yang harus Anda perhatikan saat memilih rumah yaitu kebersihan lingkungan. Anda tentu tahu peribahasa bersih pangkal sehat. Jika lingkungan dimana Anda tinggal tidak bersih, bisa dipastikan kesehatan Anda serta keluarga tercinta pun terancam. Terlebih lagi, mengingat Anda dan keluarga akan menghabiskan banyak waktu di lingkungan tempat Anda tinggal, Anda harus memperhatikan kebersihan lingkungan di sekitar Anda termasuk berapa jauh jarak dari rumah Anda ke TPS atau tempat pembuangan sampah sementara. Anda juga harus melihat saluran got untuk mengetahui bahwa saluran got di lingkungan rumah Anda mampat atau tidak. Satu hal lain yang harus Anda perhatikan yaitu polusi. Bila tingkat polusi udara di lingkungan rumah Anda berada di atas ambang batas, itu berarti kesehatan Anda serta keluarga Anda akan terancam. Apabila lokasi rumah Anda dekat jalan raya, besar kemungkinan Anda akan terkena dampak polusi. Tak hanya polusi udara, polusi suara juga bisa mengganggu ketenangan hidup di dalam suatu rumah.

Penghijauan yang cukup untuk kesehatan

Selain berbagai hal tadi, satu hal lain yang harus Anda perhatikan saat memilih lokasi rumah yaitu penghijauan. Sudah barang tentu, lokasi yang lebih banyak penghijauannya akan lebih menarik. Penghijauan bisa menjadi sesuatu yang memberikan relaksasi untuk mata selain menjaga kualitas udara. Bila Anda ingin memilih lokasi rumah, Anda juga harus memilih lokasi yang bebas banjir dan selain itu, Anda juga harus memilih lokasi yang dengat dengan pusat transportasi. Alasannya yaitu karena tinggal di lokasi yang dekat dengan pusat transportasi seperti, stasiun, misalnya, akan memudahkan Anda dalam bertransportasi saat kendaraan pribadi Anda bermasalah.

Dekat dengan bernagai fasilitas umum

Saat memilih lokasi rumah, Anda juga harus memastikan bahwa lokasi rumah yang Anda pilih strategis dalam arti lokasi tersebut merupakan lokasi dimana Anda bisa melakukan berbagai kegiatan dengan efisien sehingga waktu Anda tidak habis di perjalanan. Satu hal lagi yang harus Anda perhatikan yaitu Anda harus memastikan bahwa rumah Anda dekat dengan fasilitas umum seperti rumah sakit, pusat perbelanjaan, apotek, kantor pos, pusat olahraga, dan berbagai fasilitas umum lain. Ada berbagai tips yang bisa Anda perhatikan jika Anda berencana untuk memilih rumah untuk Anda tinggali.

Leave a Reply


You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*