harga rumah

3 Faktor dalam Menentukan Jangka Waktu Sewa Sebuah Rumah

April 16, 2015|Posted in: Panduan Sewa Rumah

Salah satu faktor yang perlu Anda ketahui sebagai seorang pemilik rumah dijual atau bangunan properti untuk disewakan, yaitu menentukan jangka waktu sewa. Hal tersebut harus diketahui terlebih dahulu sebelum Anda memutuskan untuk menyewakan rumah yang Anda miliki kepada orang lain atau calon penyewa. Oleh karena itu, seharusnya Anda belajar dari orang-orang atau pihak yang lebih dulu berbisnis sewa menyewa properti seperti ini. Mereka yang sudah berpengalaman dalam menyewakan properti yang dimiliki, tentu saja mempuyai kiat atau trik perihal bisnis ini. Perlu Anda ketahui bahwa ada beberapa faktor yang perlu Anda ketahui sebelum menentukan jangka waktu sewa, antara lain sebagai berikut.

harga rumah

Menentukan harga rumah sewa yang disepakati oleh pemilik dan penyewa.

Faktor pilihan rumah yang diberikan

Dalam arti pilihan untuk menentukan jangka waktu sewa tersebut ditentukan oleh Anda sebagai pemilik rumah atau calon penyewa. Jika Anda yang menentukan, tentu harus dipertimbangkan terlebih dahulu berapa keuntungan yang didapatkan. Sebagai contoh, Anda sudah menentukan jangka waktu sewa rumah selama setahun dengan harga Rp 10 juta. Harga tersebut harus sudah sesuai dan cocok dengan kondisi rumah dan sekitarnya, sehingga Anda tidak merugi. Jadi, saat calon penyewa menawar harga tersebut tentu jangan pernah diberikan. Lebih baik Anda mencari konsumen yang lainnya. Namun demikian, biasanya pemilik rumah akan lebih melonggarkan saat menentukan jangka waktu sewa. Misalnya, rumah yang seharusnya disewakan per tahun, dapat disewakan per bulan. Tentu saja harga sewanya harus disesuaikan terlebih dahulu.
Sementara jika calon penyewa yang menentukan jangka waktu sewa, Anda sebagai pemilik rumah tinggal memberikan harga sewa yang cocok dan disepakati bersama. Perlu diingat, harga sewa tersebut harus diperhitungkan dengan masak-masak, agar Anda tidak mengalami kerugian dan calon penyewa juga tidak keberatan dengan harga tersebut.

Faktor kemampuan calon penyewa rumah

Harga sewa bisa diartikan sebagai anggaran yang dimiliki oleh calon penyewa. Anda sebagai pemilik rumah akan bersifat sefleksibel mungkin untuk menuruti apa yang diinginkan calon pembeli. Jadi intinya, jangka waktu sewa mengikuti anggaran yang dimiliki dan sudah dpersiapkan oleh seorang calon penyewa. Dengan begiut, Anda sebagai pemilik rumah tinggal memperhitungkan berapa bulan atau tahun rumah itu dapat disewa dengan anggaran tersebut.
Sebagai contoh, seorang calon penyewa memiliki anggaran sekitar Rp 50 juta untuk menyewa sebuah rumah. Anda yang memiliki rumah untuk disewakan, sebenarnya sudah merencanakan untuk menyewakan rumahnya dengan harga sewa per tahun Rp 100 juta. Akhirnya, dengan anggaran yang setengahnya, rumah Anda bisa disewa hanya dalam jangka waktu 6 bulan atau setengah tahun. Harga sewa tersebut tentu saja sudah Anda perhitungkan keuntungan yang didapatkan.

mencari rumah dijual

Dengan menyewa rumah, anda bisa menabung sampai dapat membeli rumah tersebut

Faktor tujuan

Tidak sedikit pemilik rumah yang menyewakan rumahnya dengan tujuan tertentu. Tujuan tersebut tentu saja disesuaikan dengan jangka waktu sewa yang ditentukan. Beberapa tujuan menyewakan rumah, antara lain sebagai berikut.

  1. Pertama, murni untuk berbisnis. Jika tujuannya seperti itu, pemilik rumah dapat menyewakan rumah miliknya dalam jangka waktu lama karena memang itulah salah satu profesinya. Keuntungan dalam menyewakan rumah dipakai untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.
  2. Kedua, mencari modal. Ada juga seorang pemilik rumah yang menyewakan rumahnya dalam jangka waktu yang terbatas, semisal 1 tahun atau 2 tahun. Hasil dari menyewakan rumahnya tersebut untuk keperluan tertentu, seperti sebagai modal usaha, melakukan hajatan, atau yang lainnya.

Dengan menentukan jangka waktu sewa yang tepat dan disepakati oleh kedua pihak, sebuah rumah siap untuk dihuni dengan nyaman dan aman.

Leave a Reply


You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*